Alnect computer Blog Contest

25 Agustus 2009

Split File dengan Winrar

Split File atau File Splitter atau memotong file atau memecah file memang sudah lama dikenal orang. Jadi bagi Anda yang belum tahu bagaimana caranya membelah file besar menjadi beberapa bagian kecil sehingga mudah untuk diupload, dikirim via email atau disimpan dalam media penyimpanan berukuran kecil, salah satunya dengan menggunakan Winrar.

Sebagai catatan, tool ini sangat mudah untuk digunakan untuk orang awam sekalipun, mulai dari proses awal pengaturan hingga proses split, merge, dan compare. Download disini untuk mendapatkannya.

Cara penggunaan :

  1. Klik kanan file yang akan dipecah.
  2. Setelah muncul kotak dialog Archive name and parameters, pilih Split to volumes, bytes (biasanya ada di kiri bawah)
  3. Dari kotak dropdown menu pilih ukuran yang dikehendaki. Bahkan winrar masih menyediakan ukuran untuk media floopy disk sekalipun. Atau masukan saja angka sembarang sesuka Anda seperti gambar dibawah. (1 Mb = 1000 kb)
  4. Jika sudah selesai, maka kita akan menemukan file-file terkompresi berformat winrar seperti contohfile.part1.rar, contohfile.part2.rar, contohfile.part3.rar, dlsb.
  5. Untuk menyatukannya kembali, cukup buka contohfile.part1.rar, maka secara otomatis winrar akan mengekstrak file yang telah terkompresi menjadi file yang utuh.
split-file-winrar

Related Posts sesuai kategori



0 komentar: